Pegawai Balai Taman Nasional Manusela Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

By Balai Taman Nasional Manusela 25 Feb 2021, 11:48:21 WIB Umum
Pegawai Balai Taman Nasional Manusela Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)

Hai sobat konservasi....

Senin tanggal 22 Februari 2021, Balai Taman Nasional Manusela ikut merayakan Hari Peduli Sampah Nasional dengan melakukan aksi bersih sampah di kawasan taman nasional.  Aksi bersih sampah di tahun 2021 ini merupakan kali ke-4 Taman Nasional Manusela melakukan kegiatan pembersihan sampah sejak tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf BTN Manusela dan dilakukan di sepanjang ruas jalan Trans Seram sepanjang 34,7 km yang melintasi kawasan taman nasional.  Walaupun kondisi hujan lebat, semangat kami tidak luntur demi menyuseskan HPSN Taman Nasional Manusela tahun 2021.

Dari kegiatan bersih-bersih sampah ini, kami menemukan bahwa sampah minuman kemasan (botol dan gelas air mineral) dan sampah plastik makanan adalah sampah yang mendominasi. Sampah-sampah ini berasal dari pengguna jalan yang melintasi jalan trans Seram dan menempuh  perjalanan jauh.  Sampah dari berbagai jenis yang berhasil dibersihkan mencapai hampir setengah ton tepatnya 474,38 kg. 
Berdasarkan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya, aksi bersih sampah berhasil mengumpulkan sebanyak 1.897 kg (2019) dan 452 4kg (2020). Dengan demikian, dapat disimpulkan, pengguna jalan (pengendara dan penumpang) yang melalui Zona Khusus Jalan di Taman Nasional, belum sepenuhnya sadar bahwa mereka telah berkontribusi terhadap pengrusakan lingkungan.  Sampah jalan sebanyak rata-rata setengah ton membuktikan bahwa para pengguna jalan masih belum peduli terhadap kebersihan Taman Nasional Manusela.

Baca Lainnya :

Balai Taman Nasional Manusela sudah berusaha melakukan aksi untuk menyadarkan masyarakat yang melintas dengan memasang rambu-rambu peringatan agar jangan membuang sampah sembarangan di sepanjang ruas jalan. Kita harapkan semoga ke depannya semakin banyak masyarakat yang sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.
#konservasi
#ksdae
#kemenlhk
#sitinurbaya
#ditjenksdae
#tnmannusela
#manuselanationalpark
#hpsn2021





View semua komentar

Tulis Komentar

Ikuti kami

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan - Iklan Sidebar

Pengunjung

    Flag Counter

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Balai Taman Nasional Manusela Menurut Saudara?
  Sangat Memuaskan
  Cukup Memuaskan
  Memuaskan

Video Terbaru

View All Video