MENJEJAK DASAR GUA VERTIKAL TERDALAM DI INDONESIA
MENJEJAK DASAR GUA VERTIKAL TERDALAM DI INDONESIA

By Balai Taman Nasional Manusela 19 Mei 2020, 11:24:34 WIB Pemanfaatan Jasa Lingkungan
MENJEJAK DASAR GUA VERTIKAL TERDALAM DI INDONESIA

Menyandang predikat sebagai gua vertikal terdalam di Indonesia, Gua Hatusaka TN Manusela menjadi salah satu gua yang menjadi incaran para penelusur gua. Popularitasnya bahkan sudah muncul sejak pertama kali dijelajahi oleh Tim Ekspedisi Gabungan 4 Negara (Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Australia) pada tahun 1996.

Gua ini pertama kali ditaklukkan oleh Tim Gabungan tersebut pada tahun 1998, setelah gagal di tahun 1996. Tim kedua yang berhasil mencapai dasar gua adalah Tim Italia, delapan belas tahun setelahnya.  Namun demikian, hingga 2018 belum ada satupun orang Indonesia yang berhasil menaklukkan dasar gua, padahal ada dua ekspedisi Indonesia yang pernah mencobanya. 

Baca Lainnya :

Tahun 2018, Balai Taman Nasional (BTN) Manusela berniat menjejakkan orang Indonesia pertama di dasar Gua Hatusaka.  Bekerjasama dengan Kelompok Penelusur Gua Acyntyacunyata Speleological Club (ASC), BTN Manusela menyelenggarakan Ekspedisi Gua Hatusaka. Tujuannya jelas: membuat sejarah mengirim orang Indonesia pertama ke dasar gua sebagai hadiah HUT RI ke 73 Tahun 2018.  Pada  6 Agustus 2018, ada dua orang putra Indonesia yang berhasil menjejak dasar gua dan mengklaim sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai dasar Gua Hatusaka.  Inilah bukti sejarah bahwa anak bangsa ini mampu bersaing dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.


Judul : MENJEJAK DASAR GUA VERTIKAL TERDALAM DI INDONESIA

Kategori : Human Interest

Lokasi : Mulut Gua Hatusaka, G. Hatusaka, TN Manusela

by : Fathin Hanana Harahap




View semua komentar

Tulis Komentar

Ikuti kami

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan - Iklan Sidebar

Pengunjung

    Flag Counter

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Balai Taman Nasional Manusela Menurut Saudara?
  Sangat Memuaskan
  Cukup Memuaskan
  Memuaskan

Video Terbaru

View All Video