Balai Taman Nasional Manusela melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Revisi Zonasi dan Desain Tapak yang bertempat di Ruang Pertemuan Lelemuku. Hadir pada kegiatan ini sekaligus membuka secara resmi kegiatan konsultasi publik yakni Asisten II Setda Maluku Tengah Bapak Bahrun Kalam, atas nama Bupati Maluku Tengah Bapak H. Tuasikal Abua, S.H.
Dalam sambutannya, Bupati Maluku Tengah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah penting dan strategis sebab melalui kegiatan konsultasi publik ini akan dipetakan kembali wilayah-wilayah dalam kawasan Taman Nasional Manusela sesuai pemanfaatannya. Selanjutnya Bupati meminta agar objek daya tarik wisata alam yang terdapat di kawasan Taman Nasional Manusela perlu dipetakan secara baik sebab kawasan Taman Nasional Manusela memiliki banyak spot menarik yang dapat menjadi destinasi wisata.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Kepala Pemerintahan Negeri (Kepala Desa) yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Manusela, Kepala Kantor Kecamatan yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Manusela, Pelaku Usaha Wisata, Kepala Seksi Wilayah II BKSDA Ambon, Kasat Intel Kepolisian Resor Maluku Tengah dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan konsultasi publik ini bertujuan untuk mendapatkan saran, masukan dan gagasan-gagasan konstruktif dalam penyempurnaan rancangan revisi zonasi dan revisi desain tapak yang telah disusun. Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta yang hadir mendapatkan materi yaitu Penataan Zona Pengelolaan Taman Nasional yang dibawakan oleh Kasubdit Penataan Kawasan Konservasi Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam Ir. Ary Sri Lestari M.M., Rencana Revisi Zonasi Taman Nasional Manusela dan Revisi Desain Tapak Pengelolaan Pariwisata Alam Taman Nasional Manusela yang disampaikan oleh Kepala Balai Tamana Nasional Manusela Danny Hendry Pattipeilohy, S.Pi., M.Si. serta Kebijakan Pemanfaatan dan Penyelenggaran Pariwisata Alam di Kawasan Pelestarian Alam yang disampaikan oleh Penganalisis Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam KSA dan Taman Buru Nursiyono, S.E.

Pada akhir sesi, dilakukan penandatanganan bersama Berita Acara Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Revisi Zonasi Taman Nasional Tingkat Daerah dan Berita Acara Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Revisi desain Tapak Pengelolaan Pariwisata Alam Taman Nasional Manusela Tingkat Daerah Tahun 2017. (BFS)

Show Buttons
Hide Buttons