Balai Taman Nasional Manusela melaksanakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Kehutanan
  • Admin@btnmanusela
  • 21 Desember 2022
  • 18 x

Masohi, Rabu 21 Desember 2022 Balai Taman Nasional Manusela melaksanakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Kehutanan. Ulang Tahun kali ini mengusung tema “Bhakti Negeri, Rimba Lestari”. Menteri Kehutanan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubag TU Balai Taman Nasional Manusela, Suharto Ismail menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pendahulu Kementerian Kehutanan karena telah membangun, membina dan membentuk POHUT sampai seperti sekarang ini.
Beliau juga menyampaikan tantangan-tantangan yang masih di hadapi sekarang berupa ; Masih adanya tindak kejahatan dibidang kehutanan, Jumlah sumberdaya manusia POLHUT yang masih belum memadai, Belum terwujudnya satu kesatuan komando POLHUT, dan Belum maksimalnya POLHUT melibatkan masyarakat dalam menanggulangi pelanggaran dengan mengedepankan humanisme. “POLHUT dapat membuat kegiatan sosial seperti donor darah, mengumpulkan pakaian layak pakai, vaksin booster, sembako murah, santunan ke panti asuhan dan sebagainya” kata beliau.
Sehari sebelumnya, 20 Desember 2022 bertempat di Pantai Batas Kota Kelurahan Namasina, Masohi dilakukan penanaman 1000 anakan mangrove. Penanaman dilakukan oleh Balai TN. Manusela dengan melibatkan beberapa pihak antara lain POLRES Maluku Tengah, KODIM 1502 Binaya, PT. Pertamina, Bank BRI cabang Masohi dan Instansi Pemerintah Daerah. Penanaman ini merupakan salah satu upaya menjaga Pantai Batas Kota dari abrasi air laut dan mewujudkan arahan Menteri Kehutanan yang menyatakan bahwa “POLHUT seluruh Indonesia harus lebih melayani dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi masyarakat”. Dan sebagai bukti bahwa POLHUT hadir ditengah masyarakat serta mewujudkan BHAKTI UNTUK NEGERI.