Aksi Bersih Sampah
  • Admin@btnmanusela
  • 06 Juni 2022
  • 69 x
aksi bersih sampah

Aksi Bersih Sampah
 Kamis, 2 Juni 2022. Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2022 Balai TN. Manusela melakukan aksi bersih sampah di sepanjang zona khusus jalan SS ruas Saleman-Besi. Kegiatan yang diikuti lebih dari seratus orang ini melibatkan kelompok Masyarakat Mitra Polhut, Siswa SD, dan kelompok pemerhati lingkungan di sekitar wilayah kerja resort Masihulan.
Rangkaian aksi dimulai dengan acara pembukaan dengan mendengar beberapa arahan dari Kepala Balai TN. Manusela, Bapak MHD. Zaidi. Dalam arahannya, Kepala Balai menyampaikan bahwa aksi besrih sampah ini hanya sebagai aksi simbolis yang pada kenyataannya, bersih sampah adalah aksi setiap saat. “Sampah adalah musuh kita” kata beliau, “Tidak hanya sebatas hari ini saja kita membersihkan lingkungan kita” lanjut beliau.
Seperti tahun sebelumnya, dalam aksi ini semua peserta dibagi dalam 16 kelompok, masing-masing kelompok bertanggung jawab memungut semua jenis sampah yang telah ditentukan klasifikasinya. Sampah-sampah tersebut kemudian ditimbang lalu dihitung jumlahnya sesuai klasifikasi jenis antara lain  Botol plastik dengan masing-masing ukuran, Plastik kemasan dan Tas plastic.
Total berat sampah yang terkumpul adalah 725,56 Kg. Dari hasil penghitungan didapat 3 jenis sampah dengan jumlah terbanyak berturut-turut ; Plastik kemasan lalu Botol plastik 600 ml kemudian Gelas plastik.