Balai Taman Nasional Manusela mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Konserva
Balai Taman Nasional Manusela mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Konservasi

By Balai Taman Nasional Manusela 18 Sep 2020, 06:28:43 WIB Umum
Balai Taman Nasional Manusela mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Konserva

            Dalam upaya meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat yang ada di daerah penyangga Taman Nasional, Balai Taman Nasional (BTN) Manusela mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Konservasi yang dilaksanakan selama 10 hari kedepan bertempat di Penginapan Lisar Bahari Negeri Sawai Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah mulai tanggal 16 sampai 25 September 2020. Dalam kesempatan ini, BTN Manusela menghadirkan salah satu staf ahli Dirjen KSDAE (Muhammad Nurdin) beserta tim sebagai narasumber. Kegiatan peningkatan kepasitas kelompok ini mengundang kelompok masyarakat pelaku usaha di 3 desa penyagga kawasan Taman Nasional Manusela yaitu Saleman, Sawai dan Masihulan.

 

            Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Seksi PTN Wilayah I Wahai, Sugeng Handoyo, S.Hut., mewakili Kepala Balai TN Manusela. Dalam sambutannya, Sugeng Handoyo menyampaikan maksud dan tujuan bahwa kegiatan ini diharapkan membawa dampak bagi para pelaku usaha wisata untuk semakin berkarya dan mengelaborasi dari destinasi wisata dari kelompok daerah sekitar kawasan konservasi yang berujung dapat meningkatkan perekonomian kelompok dan masyarakat serta berkelanjutan. Selanjutnya narasumber memberi arahan kepada kelompok masyarakat terkait cara memanajemen pengelolaan wisata yang tepat. Setiap kelompok masyarakat diminta untuk memetakan, mendeskripsikan dan memaparkan spot destinasi wisata penting di daerah masing-masing untuk meminimalisir terjadinya tumpang tindih kebutuhan dan fungsi wisata antar kelompok masyarakat.

Baca Lainnya :

 

            Selain itu, kegiatan peningkatan kapasitas kelompok ini mengagendakan kunjungan ke spot destinasi wisata yang dikelola masing masing kelompok untuk melihat langsung keadaan, permasalahan, pemecahan masalah dan peningkatan yang harus dilakukan sehingga kegiatan ini berdampak langsung dan berkelanjutan pada kelompok-kelompok pelaku usaha wisata di 3 desa penyangga kawasan Taman Nasional Manusela.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah berlangsungnya rantai penularan Covid 19.



 

 

 

#klhk

#ksdae

#tamannasional

#manuselanationalpark

#pulauseram

#seramisland

#konservasi

#ayoketamannasiona




View semua komentar

Tulis Komentar

Ikuti kami

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kanan - Iklan Sidebar

Pengunjung

    Flag Counter

Jejak Pendapat

Bagaimana Pelayanan di Balai Taman Nasional Manusela Menurut Saudara?
  Sangat Memuaskan
  Cukup Memuaskan
  Memuaskan

Video Terbaru

View All Video